Kamis, 23 Juli 2009

GASTRULA

Pembentukan gastrula

Pertumbuhan mengiringi tingkat blastula ialah gasrulasi. Pada tingkat ini terjadi proses dinamisasi daerah-daerah bakal pembentuk alat pada blastula. Diatur sesuai dengan bentuk dan susunan tubuh. Itilah gastrula berasal dari gastrum yang berarti lambung karena pada tingkat ini terbentuk rongga bakal jadi saluran pencernaan kelak. Rongganya disebut gastrocoel.

Pada periode sebelumnya( blastula ) terbentuk 2 lapis sel yaitu epiblast(berkembang mejadi ectoderm) dan hypo blast (bakal endoderm).sedangkan pada periode ini berkmbang menjadi 3 lapis sel yang terdiri dari ectoderm, endoderm,dan mesoderm.

Gerakan dari pertumbuhan dari gastrulasi sendiri ada 2 kelompok gerakan yaitu : epiboli yaitu gerakan melingkup yang terjadi disebelah luar embrio berlangsung pada bakal ectoderm epidermis dan saraf. Yang kedua adalah Emboli yaitu gerakan menyusup yang terjadi di sebelah dalam embrio dan berlangsung didaerah bakal mesoderm, notochord, pre-chord, dan endoderm.gerakan ini terdiri dari invalusi, konvergensi, invaginasi, evaginasi, delaminasi, divergensi, extensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar